Detail Buku:
Judul: Filsafat Pendidikan
Penulis: Muhammad Anwar
Penerbit: Prenada Media, 2017
ISBN: 978-602-1186-52-7
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 193 halaman
Jenis File: PDF
Besar file: 1,26Mb
Deskripsi:
Lazimnya dalam memahami filsafat pendidikan menggunakan dua pendekatan, yakni pendekatan tradisional dan yang bersifat kritis. Pendekatan tradisional digunakan untuk memecahkan problema hidup dan kehidupan menusia sepanjang perkembangannya. Dan, pendekatan yang bersifat kritis digunakan untuk memecahkan problematika pendidikan masa kini.
Buku ini membahas perihal Filsafat Pendidikan yang lahir dari ilmu pendidikan sebagai ilmu pengetahuan praktis, mengandung maksud bahwa pendidikan sebagai aspek kebudayaari mempunyai tugas, antara lain menyalurkan nilai-nilai hidup, melestarikan, dan mengembangkan nilai-nilai norma tingkah laku kepada subjek didik yang bersumber dari filsafat dan/atau kearifan orangtua dan keluarga. Pelaksanan pendidikan tersebut juga merangkum antara teori pengetahuan dan filsafat yang terkandung di dalam pelajaran yang diberikan oleh para pendidik.
Kajian utama filsafat pendidikan ini secara komprehensif menyajikan dan membahas topik materi pokok filsafat, antara lain: (1) Pengertian dan kedudukan filsafat dalam ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia; (2) Pengertian pendidikan dan filsafat pendidikan serta peranannya; (3) Masalah pokok filsafat dan pendidikan; (4) Proses hidup sebagai dasar filsafat pendidikan; (5) Tujuan hidup dan tujuan pendidikan; (6) Fungsi pendidikan dalam kehidupan manusia sebagai makhluk biologis; (7) Demokrasi pendidikan; serta (8) Aliran dalam filsafat pendidikan.
Baca selengkapnya »
0 comments:
Post a Comment